LIKE MY FACEBOOK PAGE ?

Home » , , » Jenis trigona klanceng ini ada di jawa tengah Lepidotrigona

Jenis trigona klanceng ini ada di jawa tengah Lepidotrigona

Lepido trigona, spesies klanceng besar ternyata masih ada di jawa tengah. Saya menemukanya ketika berburu di lebah di sebuah hutan di dkat Pati jateng. Iseng2 berburu apis cerana dan kalanceng besar, awalnya saya hampir patah semangat untuk bisa menjumpai klanceng jenis badan Besar di hutan itu. Karena stiap klanceng yg saya jumpai adalah jenis leaviceps. Tapi alangkah kagetnya ketika menengok sbuah lubang di pohon Jati sya kira Cerana/ leaviceps. . . MasyaAlloh ternyata di lubang itu di huni koloni Trigona badan Besar !

Setelah saya teliti dan samakan gambar2 di internet degn warna lebah, entrance, ternyata saya tarik kesimpulan bahwa itu adalah jenis Lepidotrigona. Sedang lepido trigona ada 2 yg mirip yg q tahu, yaitu Lepidotrigona Terminata dan lepidotrigona Ventralis. . . Saya blm bisa menyimpulkan apakah ini L.Terminata atau L.Ventralis.

Saya mencoba menelusuri hutan lagi dan Tara. . .! Saya menemukan skitar 8 koloni jenis Lepido itu .. . Akhirnya di kayu yg agak mudah saya bongkar dan ketika saya intip sarangnya di kayu yg sbagian sy kampak, saya melihat broodcell atau telurnya terlihat besar lonjong2 berbentuk sisiran dan spiral. alhamdulillah ini pertama kali saya melihatnya. Akhirnya dapat 1 koloni walau ratunya mati tergencet d perjalanan. Innalillahi wainna ilaihi roji'un. Sesungguhnya segala sesuatu milik Alloh dan kepadaNYA akan kembali... Alhamdulillah saya senag dapat menjumpainya di alam Bebas ! Luas ! Alam Hutan Rimba yang indah. . . maha karnya sang maha Pencipta Alloh swt. . . Subhanalloh

BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN DI FACEBOOK, G+, TWITTER, WHATSAPP DENGAN KLIK IKON DI BAWAH INI:

FACEBOOK GOOGLE+ TWITTER

0 komentar:

Posting Komentar

Madu fresh dalam sarang !

Madu fresh dalam sarang !
Madu murni alami tawon glodok

bunga pakan lebah

bunga pakan lebah
KLIK GAMBAR UNTUK INFO LEBIH LENGKAP